Sabtu, 12 Mei 2012

Alam Waduk Sempor





Waduk Sempor merupakan bendungan aliran air sungai Cincingguling yang mengalir dari utara di kaki gunung Serayu selatan dan bermuara di Samudera Indonesia. Secara geografis, di sebelah timur dan utara merupakan perbukitan sementara di bagian barat dan selatan merupakan dataran rendah yang terdapat perumahan dan persawahan. Tipe curah hujan di kawasan ini terbilang cukup tinggi, sehingga perlu dibuat bendungan. Jika tidak ada bendungan, setiap terjadi hujan akan menyebabkan banjir besar dikawasan rendah sebelah selatan Sempor.


Dari segi lokasi, Waduk Sempor terletak di desa Sempor, kecamatan Sempor, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Tepatnya terletak sekitar 7 Km sebelah utara kota Gombong.

Selain untuk pencegahan banjir musiman, Waduk ini memiliki multi-fungsi sehingga sering disebut Waduk Serbaguna Sempor. Contoh yang paling terkenal dari fungsi Waduk Sempor ini adalah untuk wisata. Karena terletak di tengah-tengah perbukitan sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan perairan Waduk Sempor, kesejukan udaranya serta pesona pegunungannya yang masih alami. Tempat yang paling favorit dikunjungi di Waduk Sempor adalah di pelimpahan air, mercu bendungan dan wisata air.

Selain wisata, manfaat Waduk ini juga merupakan sumber untuk penyediaan air baku PDAM, karamba ikan, irigasi persawahan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), transportasi dan sumber penghasilan bagi warga sekitar dengan pancing, jala, jaring hingga para pemilik perahu transportasi.

Transportasi. Yah, perlu diketahui karena ternyata di seberang Waduk Sempor itu ada permukiman yang

semakin banyak penduduknya. Kedungwringin, itulah nama dari desa tersebut. Jadi hampir sebagian besar aktivitas dari peduduk Kedungwringin yang berkaitan dengan kota harus melalui jalur air Waduk Sempor. Contoh mudahnya, jika remaja Kedungwringin menimba ilmu di SMA atau perguruan tinggi maka harus mengarungi Waduk Sempor terlebih dahulu. Begitu juga para penduduk yang akan menjual hasil pertanian, ikan, atau akan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk mencapai desa Kedungwringin dibutuhkan sekitar 60 menit dari waduk Sempor.



Bagi pembaca yang mungkin sedang melakukan perjalanan atau wisata melewati kawasan Kebumen atau Gombong ada baiknya bisa rehat sejenak di waduk Sempor. Karena keindahan perairan Waduk Sempor yang berombak kecil memantulkan matahari, kesejukan udaranya yang diiringi elusan angin, serta pesona pegunungannya yang rindang, hijau dan masih alami ini. Semua itu terbalut dalam satu tempat yang mampu mengukir banyak kenangan indah, Waduk Sempor.

sumber:http://wisata.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar